BAB 7 SEO OFF PAGE

Written By teguh creativa on Minggu, 19 Maret 2017 | 23.28

Prinsip dasar dari SEO Off Page adalah membangun backlink untuk diarahkan menuju ke website atau blog Anda. Ketika membangun backlink untuk diarahkan ke website Anda, Anda harus memikirkan tentang kualitas dari website dimana backlink tersebut berasal. Tidak semua backlink akan dinilai sama oleh search engine. Berikut beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh search engine dalam menentukan bobot suatu backlink :
  1. Website dengan PR (Page Rank) yang tinggi akan memberikan bobot yang lebih besar di mata Search Engine. Apabila Anda mendapatkan backlink dari website-website yang memiliki PR kurang bagus, maka backlink tersebut akan mendapatkan nilai yang rendah atau bahkan tidak bernilai di mata search engine.
  2. Jenis backlink yang paling baik untuk website Anda adalah backlink yang berasal dari website-website terpercaya seperti website pendidikan / website milik universitas (yang biasanya menggunakan ekstension .edu), website berita, bahkan backlink yang berasal dari direktori-direktori yang memiliki peringkat bagus seperti yahoo, atau dmoz.
  3. Cara suatu website mengarahkan backlink menuju ke website Anda juga mempengaruhi bobot backlink tersebut di mata search engine. Apabila website yang mengarahkan link menuju ke website Anda menggunakan meta tag robot nofollow, maka backlink tersebut tidak berpengaruh dalam meningkatkan peringkat website Anda.
  4. Selain itu search engine juga memperhatikan anchor text atau text yang dipergunakan untuk membuat backlink menuju website Anda. Apabila anchor text-nya sama dengan keyword yang dipergunakan pada website Anda maka hal tersebut akan sangat membantu dalam meningkatkan peringkat website Anda untuk keyword tersebut. Contoh cara penulisan anchor text : <a href="http://AlamatWebsiteAnda.com">Anchor Text</a>. Apabila ada pengunjung yang men-klik Anchor Text tersebut maka pengunjung tersebut akan diarahkan ke Alamat Website Tujuan / Alamat Website Anda.
  5. Mendapatkan backlink dari website yang membahas topik yang sama atau berkaitan dengan topik yang di bahas di website Anda akan memberikan bobot yang lebih besar.
  6. Posisi backlink yang menuju ke website Anda di suatu website juga mempengaruhi bobotnya.
    • Apabila link yang menuju ke website Anda berada pada bagian menu navigasi, maka backlink tersebut memiliki nilai yang paling tinggi di mata search engine karena menu navigasi dianggap sebagai bagian yang paling penting pada suatu website.
    • Sedangkan apabila link yang menuju ke website Anda berada di konten, maka link tersebut juga akan dianggap penting terutama apabila konten yang dibahas relevan dengan konten yang dibahas di website Anda.
    • Link yang terletak di sidebar suatu website mendapatkan bobot yang tidak begitu besar di mata search engine, karena sidebar dianggap tidak memiliki fungsi yang terlalu penting pada suatu website.
  7. Umur website yang memiliki backlink menuju ke website Anda dan umur backlink Anda di website tersebut juga merupakan salah satu faktor penting bagi search engine. Semakin tua umur website yang memiliki backlink menuju ke website Anda atau semakin lama umur backlink Anda di website tersebut maka akan semakin besar bobot backlink tersebut di mata search engine.

Tips-Tips Mendapatkan Backlink Yang Benar

Sebelum Anda mulai membangun backlink di blog-blog, web 2.0, article direktori, dll ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

    Pemilihan Anchor Text Yang Tepat

    Dalam memilih anchor text untuk mempromosikan website atau blog Anda, akan jauh lebih baik apabila Anda mempergunakan beberapa anchor text yang berbeda. Jangan hanya mempergunakan keyword utama Anda saja sebagai anchor text tetapi gunakan juga variasi keyword-keyword yang lainnya. Hal tersebut bertujuan agar search engine tidak menandai atau menganggap bahwa blog Anda tersebut hanya dipromosikan oleh Anda sendiri, akan tetapi memang mendapatkan backlink dari website-website yang lain secara alami.
    Misalkan keyword utama Anda adalah "bisnis online blakblakan", maka apabila Anda mempromosikan website Anda dengan menggunakan keyword tersebut secara terus menerus sebagai anchor text, maka hal tersebut akan sangat mencurigakan. Katakanlah Anda mempunyai 10.000 backlink dari berbagai website, maka akan tampak sangat tidak masuk akal bagi search engine apabila 10.000 backlink tersebut semuanya menggunakan anchor text yang sama persis.
    Akan jauh lebih baik apabila Anda menggunakan berbagai variasi keyword sebagai anchor text seperti : peluang bisnis blakblakan, peluang bisnis online blakblakan, bisnis blakblakan, usaha online blakblakan, atau variasi keyword yang lainnya. Apabila Anda mempergunakan variasi keyword tersebut sebagai anchor text , maka backlink yang Anda peroleh akan tampak alami bagi Search engine dan tidak nampak mencurigakan.

    Backlink Tidak Hanya Ke Halaman Utama

    Selain mempromosikan dan membuat backlink ke halaman utama website Anda dengan main keyword sebagai anchor text, sangat penting bagi Anda untuk juga mempromosikan halaman-halaman lain dalam blog atau website Anda (internal pages) dengan menggunakan secondary keyword (variasi keyword yang lainnya). Dengan melakukan hal tersebut, maka backlink yang Anda peroleh akan tampak alami di mata search engine karena halaman-halaman lain dari website Anda juga memperoleh backlink, tidak hanya halaman utama dari website Anda saja.
    Misalkan halaman utama dari website Anda berisikan artikel tentang "bisnis online blakblakan", maka halaman tersebut harus Anda promosikan paling banyak dengan menggunakan anchor text keyword utama Anda yaitu "bisnis online blakblakan". Pada artikel di halaman utama tersebut buatlah paling tidak 2 link yang mengarah ke halaman-halaman lain di website Anda (dengan tujuan agar halaman lain di website Anda juga diindex oleh search engine). Artikel pada halaman-halaman tersebut merupakan secondary artikel yang sangat penting untuk Anda promosikan dengan menggunakan secondary keyword Anda sebagai anchor text. Dengan membuat backlink ke halaman secondary artikel, secara tidak langsung Anda juga mempromosikan halaman utama Anda karena pada halaman secondary artikel juga terdapat link yang mengarah ke halaman utama Anda.

    Membangun Backlink Dengan Konsisten & Rutin

    Dalam proses membangun backlink, Anda harus melakukannya dengan konsisten dan rutin. Ketika Anda membangun backlink untuk website Anda, maka search engine akan melihat bahwa ada perubahan yang terjadi di website Anda dan search engine akan mulai menghitung atau melihat ulang posisi mana yang paling tepat untuk website Anda. Ada kemungkinan setelah Anda membangun backlink tersebut peringkat website Anda justru akan turun dan hal tersebut biasanya justru menyebabkan banyak orang yang akhirnya menghentikan proses membangun backlink padahal hal tersebut adalah salah besar.
    Anda harus selalu mengingat bahwa proses membangun backlink itu harus dilakukan sealami dan serutin mungkin. Meskipun peringkat website Anda turun, Anda harus tetap melanjutkan proses membangun backlink. Apabila search engine melihat bahwa backlink yang mengarah ke website Anda terus bertambah dan menggunakan berbagai variasi keyword secagai anchor textnya, maka secara otomatis peringkat website anda pasti akan naik kembali bahkan melampaui peringkat lama website Anda.
 

Membangun Backlink

Langkah yang paling penting pada SEO Off Page adalah mencari backlink yang berkualitas sebanyak-banyaknya. Ada beberapa sumber backlink yang dapat Anda peroleh diantaranya :

    Web 2.0

    Pengertian sederhana dari Web 2.0 adalah suatu aplikasi yang berbasis web yang mengijinkan orang-orang untuk berbagi konten baik itu konten yang berupa artikel, photo, video, dll dengan mudah. Dengan berbagai kemudahan serta fasilitas yang disediakan, maka banyak orang yang memanfaatkan web 2.0 untuk mempromosikan website atau blog mereka dengan harapan akan ada banyak pengunjung web 2.0 yang mengunjungi website atau blog mereka serta untuk meningkatkan peringkat website mereka karena rata-rata web 2.0 dipandang cukup penting oleh search engine. Ada banyak web 2.0 yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda diantaranya :
    Salah satu web2.0 yang sering dipergunakan untuk membuat backlink adalah Squidoo. Langkah-langkah dalam memanfaatkan Squidoo untuk membangun backlink ke blog Anda adalah sebagai berikut :
    1. Silahkan Anda membuka Squidoo dengan mengetikkan squidoo.com di web browser Anda.
    2. Apabila Anda belum terdaftar sebagai member Squidoo, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan menekan tombol "Join For Free". Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka akan muncul form registrasi untuk mendaftar sebagai member Squidoo. Setelah itu silahkan Anda mengisikan alamat email, username serta password yang akan Anda pergunakan untuk login di Squidoo. Setelah Anda mengisikan semua data yang diminta, silahkan Anda menekan tombol "Sign Up".
    3. Setelah Anda menekan tombol "Sign Up" tersebut, maka pihak Squidoo akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang telah Anda berikan. Silahkan Anda meng-klik link konfirmasi yang terdapat di email tersebut dan selanjutnya Anda dapat mulai login ke account Squidoo Anda dengan menggunakan username serta pasword yang telah Anda tentukan.
    4. Selanjutnya untuk membuat halaman web di dalam Squidoo ini (biasanya dikenal dengan sebutan lens), silahkan Anda menekan tombol "Create Lens" yang terletak di sebelah kanan halaman.
    5. Apabila Anda hendak membuat lens baru, maka Anda akan diminta untuk mengisikan topik yang akan Anda bahas di lens Anda tersebut. Setelah Anda mengisikan topik tersebut, silahkan menekan tombol "Continue".
    6. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa informasi tentang konten yang akan Anda tulis.
      1. Lens Title : Judul dari lens yang akan Anda buat.
      2. Set your lens URL : Alamat URL yang Anda inginkan untuk lens yang akan Anda buat. Pengunjung akan dapat melihat lens yang Anda buat dari alamat URL yang Anda tentukan tersebut. Alamat lens ini bersifat unik jadi tidak boleh ada yang sama antara member Squidoo yang satu dengan member yang lainnya.
      3. Pick your topic : Topik yang akan Anda bahas di lens Anda.
      4. Pick your subtopic : Sub-topik yang akan Anda bahas di lens Anda.
      5. Pick one more subtopic : Sub-topik yang lainnya lagi yang akan Anda bahas di lens Anda.
      6. Please rate your lens : Anda harus menentukan rating konten lens Anda. Apakah lens Anda tersebut aman dilihat oleh semua umur atau hanya terbatas pada orang dewasa saja yang dapat melihat lens Anda.
      Setelah Anda mengisikan semua data yang diperlukan, silahkan Anda menekan tombol "Continue".
    7. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisikan tag atau keyword untuk lens Anda tersebut. Setelah Anda mengisikannya, silahkan Anda menekan tombol "Continue".
    8. Apabila Anda membuat lens di Squidoo maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh penghasilan. Anda akan diminta untuk menentukan hasil yang diperoleh dari lens Anda tersebut akan Anda sumbangkan ke dana sosial atau hendak di transferkan ke rekeing paypal Anda. Setelah Anda menentukannya, silahkan Anda menekan tombol "Continue".
    9. Setelah itu, Anda dapat mulai mengisikan lens Anda di Squidoo. Lens di Squidoo terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah judul lens, pengenalan lens Anda, serta modul untuk menuliskan artikel atau isi lens Anda.
      1. Judul Lens
      2. Apabila Anda hendak mengganti title atau judul lens Squidoo Anda maka silahkan Anda menekan tombol "Edit Title". Setelah Anda menekan tombol tersebut maka Anda dapat menuliskan title atau judul yang baru untuk lens Squidoo Anda tersebut.
      3. Pengenalan Lens
      4. Bagian ini terdiri dari judul, deskripsi, serta gambar untuk memperkenalkan atau mempromosikan lens Anda. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan beberapa kalimat yang menarik yang dapat menceritakan secara singkat apa yang dibahas di lens Anda agar pengunjung mau terus membaca lens Anda secara keseluruhan.
        Apabila Anda hendak mengganti pengenalan lens Squidoo ini, silahkan Anda menekan tombol "Edit". Setelah Anda menekan tombol tersebut maka Anda akan diminta untuk mengisikan judul, deskripsi singkat serta gambar untuk lens yang akan Anda tulis.
        1. Silahkan Anda mengisikan dengan judul yang menarik serta dapat menggambarkan apa yang dibahas di lens Anda.
        2. Silahkan Anda mengisikan dengan deskripsi singkat tentang lens Anda.
        3. Anda dapat mengupload gambar untuk memperkuat deskripsi yang telah Anda buat agar pengunjung mau terus membaca lens Anda. Anda dapat mengupload gambar dengan cara :
          • Menekan tombol "Pilih Berkas".
          • Pilih gambar yang Anda inginkan.
          • Tekan tombol "Open" untuk menentukan gambar pilihan Anda.
          • Setelah Gambar yang Anda pilih muncul, maka Anda harus menekan tombol "Upload Photo" sehingga gambar tersebut dapat tampil di lens Anda.
        Setelah mengisikan semua data yang diminta, silahkan Anda menekan tombol "Save" untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.
      5. Module text
        Pada module ini Anda dapat menuliskan konten atau artikel Anda, serta Anda juga dapat menyisipkan backlink yang menuju ke blog utama Anda. Apabila Anda hendak mulai menuliskan artikel dalam lens Anda tersebut, silahkan Anda menekan tombol "Edit".
        1. Anda dapat menuliskan judul/title dari konten yang akan Anda buat.
        2. Anda dapat menuliskan sub-title dari konten yang akan Anda buat.
        3. Anda dapat menuliskan konten Anda. Pada bagian ini Anda dapat memberikan backlink menuju ke blog Anda dengan cara menuliskan <a href="Alamat URL Tujuan">Anchor Text</a>. Sehingga apabila "Anchor Text" tersebut di-klik oleh pengunjung lens, maka pengunjung tersebut akan diarahkan ke alamat URL yang telah Anda berikan.
        4. Anda dapat mengupload gambar yang berhubungan dengan artikel yang Anda buat.
        5. Anda dapat memberikan label untuk gambar yang Anda upload.
        6. Anda dapat mengarahkan pengunjung yang men-klik gambar Anda tersebut ke alamat URL tertentu sesuai dengan keinginan Anda.
        7. Setelah Anda memilih gambar serta semua atribute gambar yang Anda upload, silahkan Anda menekan tombol "Upload Photo". Apabila Anda hendak menghapus gambar yang telah Anda upload, silahkan Anda menekan tombol "Remove Photo".
        8. Setelah mengisikan semua informasi yang dibutuhkan silahkan Anda menekan tombol "Save" untuk menyimpan konten yang Anda buat.
    10. Setelah selesai dengan konten Anda tersebut, maka Anda dapat menekan tombol "Publish" yang terletak di bagian atas dashboard Squidoo Anda untuk men-publish lens yang baru saja Anda buat.
    11. Setelah Anda menekan tombol publish, maka Anda dapat melihat lens Anda dengan cara mengetikkan alamat Squidoo yang telah Anda tentukan sebelumnya (langkah nomor 6).
    Setelah Anda selesai dalam membuat lens di Squidoo yang mencantumkan alamat blog Anda, maka kini saatnya bagi Anda untuk mencoba membangun backlink dengan menggunakan cara yang lainnya.

    Social Bookmarking

    Social bookmarking adalah sebuah situs yang menyediakan layanan atau fasilitas bagi pengguna untuk menyimpan alamat-alamat URL yang dianggap penting atau menarik secara online. Melalui social bookmarking ini alamat-alamat URL yang telah disimpan akan dapat dilihat oleh pengguna internet yang lain secara bebas. Pada umumnya situs-situs social bookmarking memiliki peringkat yang cukup tinggi di search engine sehingga sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk mempromosikan website atau blog dengan harapan akan banyak pengunjung yang berkunjung ke blog atau website mereka atau paling tidak mendapatkan peringkat dari search engine karena mendapatkan backlink dari website yang memiliki peringkat yang cukup tinggi.
    Ada banyak situs-situs social bookmarking yang ada di Indonesia diantaranya :
    1. Ane Punya
    2. Bagi Bagiin
    3. Bagikan
    4. Bagi Url
    5. Berita Gue
    6. Berita Kamu
    7. Berita Pilihan
    8. Berita Saya
    9. Boookmark Delay News
    10. Bookmark Dofollow
    11. Bookmark Indonesia
    12. Debuk
    13. Definisi
    14. Dunia Berita Terkini
    15. IndoBookmark
    16. Indonesia-Blogger.com
    17. Info Gue
    18. Jadi Terkenal
    19. Lintas Berita
    20. Liputan Khusus
    21. Meambo
    22. MyBlogPost
    23. Negeriku
    24. Sajikan
    25. Sekilas Info
    26. Site Bookmark Dofollow
    27. Sundul Berita
    Untuk melakukan promosi melalui social bookmarking baik untuk tujuan mendapatkan pengunjung atau backlink, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :
    1. Silahkan Anda mengetikkan alamat situs social bookmarking dimana Anda hendak mempromosikan blog Anda. Misalkan, Anda hendak melakukan promosi di LintasBerita.com, maka silahkan Anda mengetikkan www.lintasberita.com di web browser Anda.
    2. Untuk dapat mempromosikan blog Anda di LintasBerita.com ini, maka Anda harus menjadi member terlebih dahulu dan Anda dapat mendaftar menjadi member dengan cara menekan link "Join" yang ada di bagian atas halaman sebelah kanan.
    3. Setelah Anda menekan link "Join" tersebut, Anda akan diminta mengisikan beberapa data, diantaranya :
      1. Alamat email Anda.
      2. Username yang nantinya akan Anda pergunakan untuk login.
      3. Password yang akan Anda pergunakan untuk login.
      4. Konfirmasi password Anda.
      5. Nama lengkap Anda.
      6. Jenis kelamin Anda.
      7. Tanggal ulang tahun Anda.
      8. Apakah Anda mempunyai blog atau website? Apabila Anda mempunyai blog, maka silahkan Anda mencentang kotak tersebut.
      Setelah mengisikan semua data-data yang dibutuhkan, maka silahkan menekan tombol "Next".
    4. Selanjutnya, silahkan Anda menekan tombol "Next" yang ada dibagian bawah halaman.
    5. Setelah itu silahkan Anda kembali menekan tombol "Finish" untuk menyelesaikan proses pendaftaran Anda. Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftarannya, maka pihak LintasBerita.com akan mengirimkan email kepada Anda.
    6. Anda dapat login ke account Anda di LintasBerita.com dengan menekan tombol "Login" yang terletak dibagian bawah halaman.
    7. Untuk login, silahkan Anda memasukkan alamat email serta password yang telah Anda tentukan ketika Anda mendaftar kemudian tekan tombol "Login".
    8. Anda dapat menyimpan alamat URL blog yang hendak Anda promosikan dengan cara menekan tombol "Submit Link" yang ada di bagian atas halaman.
    9. Setelah Anda menekan tombol "Submit Link" tersebut, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa data diantaranya:
      1. Alamat URL blog yang hendak Anda simpan di LintasBerita.com.
      2. Jenis konten blog yang akan Anda promosikan tersebut berupa artikel, foto atau berupa video.
      3. Judul dari halaman blog yang akan Anda promosikan.
      4. Konten atau isi dari halaman blog yang hendak Anda promosikan.
      5. Topik yang dibahas di halaman blog yang akan Anda promosikan.
      6. Sub-topik dari halaman blog yang akan Anda promosikan.
      7. Keyword yang sesuai untuk halaman blog yang Anda promosikan. Keyword ini dimaksudkan agar blog yang Anda promosikan tersebut dapat ditemukan oleh pengguna yang memang mencari informasi yang ada di blog Anda tersebut.
      Setelah Anda mengisikan semua data-data tersebut, maka selanjutnya Anda tinggal menekan tombol "Lintaskan" agar alamat blog yang telah Anda tentukan tersebut dapat disimpan dan dapat dilihat oleh orang banyak.

    Submit Artikel

    Cara yang lainnya untuk mendapatkan backlink adalah dengan menulis artikel dan kemudian memasukkan artikel tersebut ke artikel direktori. Berikut adalah beberapa daftar artikel direktori di Indonesia:
    1. Artikel Oke
    2. Free Article Submit
    3. Direktori Artikel Menarik
    4. Rangga19.web.id
    5. Artikel.im
    6. Kirim Artikel
    7. Artikel.Bermutu.com
    8. Direktori-Artikel-Indonesia.Blogspot.com
    9. SubmitArtikelGratis.Blogspot.com
    10. Bank Artikel
    11. Direktori-Artikel
    Sebagai contoh, apabila Anda hendak memasukkan artikel ke website artikel directory maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut :
    1. Silahkan Anda mengetikkan alamat artikel direktorinya yaitu BankArtikel.com.
    2. Pada umumnya untuk memasukkan artikel ke suatu artikel direktori, maka Anda harus menjadi member dari artikel direktori tersebut terlebih dahulu. Untuk mendaftar menjadi member dari BankArtikel.com, maka silahkan Anda menekan menu Register yang terletak di bagian atas halaman.
    3. Setelah Anda menekan link tersebut, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa data diantaranya :
      1. Username yang akan Anda pergunakan untuk login.
      2. Password yang akan Anda pergunakan untuk login.
      3. Ulangi lagi password yang akan Anda pergunakan.
      4. Alamat email yang Anda pergunakan
      5. Nama yang hendak Anda pergunakan di BankArtikel ini. Untuk Screen Name ini, Anda boleh mempergunakan nama asli atau nama samaran Anda karena nama ini akan muncul di artikel yang Anda masukkan di BankArtikel.
      Setelah Anda mengisikan semua data yang diminta tersebut, maka silahkan Anda menekan tombol "Register" untuk menyelesaikan proses pendaftaran Anda di BankArtikel.
    4. Setelah Anda terdaftar di BankArtikel tersebut, maka selanjutnya silahkan Anda login di BankArtikel dengan mengisikan username dan password yang telah Anda pilih ketika Anda mendaftar sebelumnya.
    5. Setelah Anda masuk ke member area BankArtikel, Anda dapat menambahkan atau mengubah data-data profil Anda dengan menekan menu "Edit Profil" yang terletak di bagian atas halaman.
    6. Setelah Anda menekan menu tersebut, maka Anda dapat mengisikan atau menambahkan data-data yang dibutuhkan kemudian menekan tombol "Save".
    7. Anda juga dapat menuliskan artikel di BankArtikel tersebut, dengan menekan menu "New Artikel" yang terletak pada halaman utama di bagian tengah halaman.
    8. Setelah Anda menekankan link tersebut, maka Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa data yang berhubungan dengan artikel yang akan Anda masukkan di BankArtikel, diantaranya :
      1. Kategori dari artikel yang akan Anda masukkan di BankArtikel.
      2. Sub-kategori dari artikel yang akan Anda masukkan di BankArtikel.
      3. Judul artikel yang akan Anda tulis.
      4. Ringkasan singkat tentang artikel yang akan Anda tuliskan.
      5. Isi dari artikel Anda.
      6. Keyword dari artikel yang Anda tulis.
      7. Isikan sesuai dengan kata-kata yang ada diatasnya. Bagian ini dipergunakan oleh BankArtikel untuk melakukan konfirmasi atau memastikan bahwa yang memasukkan artikel tersebut bukan program atau robot.
      8. Centang pada kotak yang disediakan untuk menandakan bahwa Anda telah setuju dengan peraturan-peraturan yang telah ditentukan.
      9. Tekan tombol ini apabila Anda hendak melihat tampilan dari artikel yang Anda buat tanpa menyimpan artikel tersebut.
      10. Anda dapat memilih menekan tombol "Save as Draft" atau "Submit This Artikel". Tombol "Save as Draft" digunakan apabila Anda hendak menyimpan artikel yang Anda buat tersebut namun tidak dipublish terlebih dahulu, sedangkan tombol "Submit This Article" digunakan apabila Anda hendak men-publish artikel yang Anda buat pada saat itu juga.
    9. Setelah Anda menyelesaikan artikel yang Anda buat tadi, maka Anda akan dapat melihat daftar dari seluruh artikel yang pernah Anda buat di halaman utama BankArtikel.
      1. Seluruh artikel yang telah Anda buat.
      2. Seluruh artikel yang Anda buat dan yang telah dipublish di BankArtikel.
      3. Draft dari artikel-artikel yang pernah Anda buat.
      4. Artikel yang telah selesai Anda buat akan tetapi masih menunggu persetujuan dari pihak BankArtikel untuk dipublish.
      5. Daftar artikel yang termasuk kategori featured artikel pada BankArtikel.
    10. Setelah itu, silahkan Anda menunggu hingga artikel yang Anda submit disetujui dan dipublish oleh artikel direktori tersebut. Setelah artikel yang Anda buat tersebut dipublish, maka selanjutnya Anda harus menyimpan alamat URL dari artikel Anda tersebut untuk proses "ping" yang akan kami jelaskan pada langkah-langkah selanjutnya.
    Dalam menuliskan artikel untuk suatu artikel direktori, akan jauh lebih baik apabila Anda menulis artikel dengan menerapkan prinsip AIDA. AIDA adalah singkatan dari Attention (perhatian), Interest (daya tarik), Desire (keinginan atau hasrat), dan Action (tindakan).
    • Attention
    • Bagian ini dapat Anda lakukan melalui bagian judul dari artikel Anda. Dalam membuat judul artikel, Anda harus dapat menarik perhatian dari pengunjung Anda sehingga pengunjung tersebut mau membaca artikel yang Anda tuliskan. Judul artikel yang baik adalah judul yang mengandung keyword yang Anda bidik serta mengena pada orang-orang yang menjadi target dari artikel Anda tersebut.
    • Interest
    • Setelah pengunjung tertarik dengan judul artikel yang Anda buat, maka selanjutnya pengunjung tersebut akan mulai membaca paragraf pertama dari artikel Anda. Oleh karena itu melalui paragraf pertama ini Anda harus dapat membuat pengunjung tersebut bertahan untuk membaca artikel Anda secara keseluruhan. Pada paragraf pertama ini, Anda dapat menceritakan secara singkat apa yang akan dibahas di artikel Anda tersebut. Anda juga dapat menceritakan tentang mengapa masalah-masalah tersebut dapat terjadi serta Anda dapat memberikan sedikit penjelasan secara singkat cara untuk mengatasi masalah tersebut. Apabila pengunjung merasa tertarik setelah membaca paragraf pertama, maka pengunjung tersebut pasti akan membaca artikel Anda secara keseluruhan.
    • Desire
    • Keinginan terbesar dari pengunjung Anda adalah menemukan solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi pada saat ini. Pada bagian ini Anda dapat memberikan solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi pada saat ini.
    • Action
    • Pada bagian ini, Anda dapat mengarahkan pengunjung untuk segera melakukan tindakan. Anda dapat meminta pengunjung tersebut untuk membaca tentang masalah atau informasi yang dibutuhkan lebih lengkap dan lebih detail lagi di blog utama Anda. Anda dapat memberikan alamat blog utama Anda di kolom Resource Box atau Author Box.

    RSS Direktori

    RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication yaitu format sederhana dari sebuah blog yang menggunakan XML. Apabila Anda membuka sebuah blog maka ada banyak bagian yang secara otomatis akan ikut ditampilkan selain konten seperti header, banner, widget, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila Anda membuka RSS feed maka bagian-bagian selain konten tidak ikut ditampilkan.
    Berikut tampilan standard RSS Feed :
    Pada RSS ada dua macam bagian yang penting yaitu RSS feed dan RSS Reader. RSS Feed ini memudahkan Anda untuk menyindikasikan konten Anda secara otomatis. Jika blog anda tidak mempunyai RSS Feed maka orang harus mengunjungi website anda secara langsung untuk mengetahui apakah ada artikel/ konten baru di blog Anda. Jika blog anda memiliki RSS Feed maka setiap ada konten baru, orang-orang yang berlangganan RSS Anda dapat langsung mengetahuinya secara otomatis melalui RSS Reader maupun email.
    RSS Reader adalah suatu aplikasi yang dipergunakan untuk membaca suatu RSS. Proses yang dilakukan adalah Anda tinggal memasukkan alamat RSS feed dari website yang Anda inginkan di RSS Reader tersebut dan kemudian RSS Reader akan secara otomatis mengambil feed dari RSS yang Anda sediakan. Apabila website yang Anda ambil RSS feed-nya melakukan update atau menambahkan konten baru maka secara otomatis RSS Feed website tersebut juga akan ikut terupdate dan kemudian akan langsung dibaca oleh RSS Reader Anda.
    Setiap blog yang berbasis XML mempunyai alamat feed tertentu secara otomatis. Apabila blog Anda berbasis wordpress maka alamat feed standard blog Anda adalah: http://NamaBlogAnda.com/feed. Akan tetapi apabila blog Anda merupakan blogspot maka alamat feed blog Anda adalah http://NamaBlogAnda.blogspot.com/feeds/posts/default. Untuk melihat alamat feed suatu blog, Anda bisa mencari link yang bertuliskan RSS atau link yang biasanya bergambar lambang RSS Feed.
    Selain mempunyai RSS Feed untuk blog Anda, Anda juga dapat membuat RSS feed dari beberapa alamat url dengan mudah. Anda bisa menggunakan software untuk membuat RSS secara online seperti Links2RSS.com. Links2RSS.com akan membuat RSS secara otomatis dari url-url yang Anda inginkan. Berikut langkah-langkah membuat dalam membuat RSS dengan menggunakan Links2RSS.com:
    1. Silahkan Anda menuju ke Links2RSS.com.
    2. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa data yang dibutuhkan diantaranya :
      1. Silahkan Anda memasukkan url-url yang ingin Anda buat RSS Feednya (satu url untuk tiap barisnya).
      2. Masukkan jumlah maksimal link yang ada pada 1 RSS.
      3. Masukkan judul RSS Feed Anda.
      4. Masukkan link utama dari RSS Feed.
      5. Masukkan judul link RSS Feed Anda. Anda dapat menginputkan banyak judul link RSS Feed dengan memisahkan antara judul yang satu dengan judul yang lainnya dengan simbol "|".
      6. Masukkan deskripsi link RSS Feed Anda. Anda dapat menginputkan banyak deskripsi untuk link RSS feed dengan memisahkan antara deskripsi yang satu dengan deskripsi yang lainnya dengan simbol "|".
      Setelah Anda mengisikan semua data-data tersebut, silahkan Anda menekan tombol "Convert!".
    3. Setelah Anda menekan tombol "Convert!" tersebut, maka akan muncul link ke RSS Feed Anda. Silahkan Anda menekan link tersebut.
    4. Setelah itu akan muncul halaman RSS feed Anda.
    5. Silahkan Anda menyimpan file XML tersebut dengan cara memilih menu File kemudian submenu Save As.
    6. Setelah itu Anda dapat meng-upload file XML tersebut ke blog Anda.
    Setelah blog Anda mempunyai RSS feed dan Anda juga mengetahui cara membuat RSS Feed dari beberapa link maka selanjutnya Anda dapat memanfaatkan RSS ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan backlink ke blog Anda dengan mensubmit RSS Feed tersebut ke RSS directory. Ada beberapa RSS directory yang dapat Anda pergunakan diantaranya :
    1. Feedbite
    2. FeedAgg
    Anda dapat mensubmit RSS Feed Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut :
    1. Silahkan Anda mengetikkan alamat RSS direktori pada web browser Anda, seperti www.feedbite.com.
    2. Setelah Anda mengetikkan alamat tersebut, maka akan muncul halaman utama dari FeedBite.com.
    3. Silahkan Anda menekan link "Create a New Account" yang ada di tengah halaman untuk membuat account baru.
    4. Setelah itu, silahkan Anda mengisikan beberapa data yang diminta seperti
      1. Username yang akan Anda pergunakan untuk login di Feedbite.com
      2. Nama pertama Anda
      3. Nama terakhir Anda
      4. Alamat email yang Anda pergunakan
      5. Password untuk login di Feedbite.com
      6. Ulangi kembali password yang telah Anda tentukan
      7. Centang kotak ini untuk menandakan Anda setuju dengan semua aturan dari Feedbite.com. Untuk melihat aturan dari Feedbite.com, silahkan Anda menekan link "Terms of Use"
      Setelah Anda mengisikan semua data-data yang diminta tersebut, silahkan Anda menekan tombol "Register" untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
    5. Setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran tersebut, maka akan muncul halaman baru yang memberitahukan kepada Anda bahwa proses pendaftaran yang Anda lakukan telah selesai.
    6. Selain itu Anda juga akan menerima email konfirmasi dari pihak Feedbite, dimana pada email tersebut terdapat link untuk mengaktifkan account Anda. Anda dapat mengaktifkan keanggotaan Anda di Feedbite dengan 2 cara :
      1. Silahkan Anda menekan link aktivasi yang pertama.
      2. Apabila langkah pertama untuk mengaktifkan account Anda tidak berhasil, maka Anda dapat mengaktifkan account Anda dengan cara menekan link yang kedua. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisikan kode aktivasi serta alamat email Anda yang bisa Anda dapatkan di email tersebut. Setelah Anda mengisikan data-data tersebut, silahkan Anda menekan tombol Activate untuk mengaktifkan keanggotaan Anda.
    7. Setelah Anda menyelesaikan proses aktivasi account Anda, maka akan muncul halaman yang memberitahukan bahwa Anda telah berhasil mengaktifkan account Anda dan Anda akan diminta untuk login ke Feedbite.com.
    8. Silahkan Anda menginputkan username serta password yang telah Anda pilih pada waktu Anda mendaftar di Feedbite.
    9. Setelah Anda login, maka Anda akan masuk ke member area Feedbite.
    10. Pada member area Feedbite, silahkan Anda menekan menu RSS Projects yang terletak di bagian atas halaman.
    11. Setelah itu Anda dapat memberikan nama pada project pertama Anda, kemudian menekan tombol "Add Projects".
    12. Setelah Anda berhasil membuat project pertama Anda, silahkan Anda menekan link "Feeds"
    13. Anda dapat menambahkan RSS Feed blog Anda dengan menekan tombol "Add RSS Feed".
    14. Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka Anda tinggal mengisikan alamat RSS feed Anda, kemudian menekan tombol "Add".
    15. Setelah Anda menekan tombol "ADD", maka RSS feed Anda secara otomatis telah disimpan oleh feedbite.com, dan sebagai penandanya Anda dapat melihat tulisan "Feed Successfully Added".
    16. Selanjutnya silahkan Anda menekan tombol "Update".
    17. Setelah Anda menekan tombol Update tersebut, maka RSS blog Anda secara langsung akan tampil.

    Komentar Di Blog Yang Mempunyai PR tinggi

    Menuliskan komentar di blog-blog milik orang lain khususnya yang memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan blog Anda juga merupakan salah satu cara yang baik untuk mendapatkan backlink. Banyak orang yang menganggap bahwa cara ini adalah cara lama yang sudah tidak berguna lagi, akan tetapi hingga saat ini memberikan komentar di blog adalah cara yang cukup jitu dalam menaikkan peringkat suatu website atau blog.
    Apabila Anda hendak menaikkan peringkat website atau blog Anda, maka ketika memberikan komentar sebaiknya Anda :
    1. Memberikan komentar yang benar atau berguna bagi pengunjung website tersebut. Jangan memberikan komentar yang tidak berguna sekedar untuk memberikan backlink bagi website atau blog Anda karena pemilik website pasti akan langsung menghapus komentar Anda. Apabila komentar yang Anda berikan membantu pengunjung website mereka, maka pemilik website pasti tidak akan menghapus komentar yang Anda berikan bahkan mereka pasti akan berterima kasih kepada Anda.
    2. Berikan komentar di blog-blog yang membahas topik yang sama dengan topik yang dibahas di blog Anda.
    3. Berikan komentar pada blog-blog yang memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan peringkat blog Anda. Anda dapat melihat peringkat dari suatu blog dengan cara :
      1. Silahkan Anda mengetikkan alamat website : PRChecker.Info di web browser Anda.
      2. Anda dapat menginputkan alamat website yang hendak Anda lihat atau periksa Page Rank-nya.
      3. Selanjutnya, silahkan Anda menekan tombol "Check PR".
      4. Selanjutnya, silahkan Anda mengisikan kode verifikasinya sesuai dengan gambar yang terletak di sebelahnya.
      5. Selanjutnya silahkan Anda menekan tombol "Verify Now".
      6. Setelah itu Anda akan dapat melihat pagerank dari website yang Anda ingin ketahui.
    4. Berikan komentar pada website atau blog yang dofollow. Anda bisa mengetahui apakah suatu website memiliki tag robot dofollow atau nofollow dengan melihat kode html halaman tersebut. Tetapi apabila Anda tidak mengerti kode html, berikut cara lain yang dapat Anda lakukan:
      1. Untuk mengetahui apakah suatu website mengunakan meta tag robot dofollow atau nofollow, akan lebih mudah apabila Anda mempergunakan plugin dari Mozilla Firefox yaitu NoDoFollow yang dapat Anda download di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/nodofollow.
      2. Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan Anda menekan tombol "Continue To Download".
      3. Setelah itu silahkan Anda menekan tombol "Add To Firefox".
      4. Silahkan Anda menekan tombol "Allow".
      5. Silahkan Anda menekan tombol "Install Now".
      6. Setelah plugin tersebut terinstall di Mozilla Firefox Anda, maka Anda akan diminta untuk merestart Mozilla Firefox Anda. Silahkan Anda menekan tombol "Restart Now".
      7. Setelah itu buka kembali Mozilla Firefox Anda dan silahkan Anda membuka website yang ingin Anda ketahui apakah website tersebut dofollow atau nofollow.
      8. Setelah Anda membukanya, silahkan Anda menuju ke bagian komentar atau ke bagian orang-orang yang pernah memberikan komentar di website tersebut. Setelah itu silahkan Anda "klik kanan" mouse Anda pada halaman tersebut.
      9. Anda akan dapat menemukan menu baru yaitu NoDoFollow.
      10. Silahkan Anda menekan menu tersebut.
      11. Setelah Anda menekan menu tersebut maka link-link yang terdapat di halaman web tersebut akan dibagi menjadi dua warna yaitu warna biru dan merah. Link yang berwarna biru adalah link yang DoFollow sedangkan link yang bewarna merah adalah link yang NoFollow.
      12. Apabila link yang mengarah pada orang yang memberikan komentar pada halaman tersebut berwarna merah maka itu berarti website tersebut NoFollow.
    Setelah mengetahui cara memberikan komentar Anda bisa mulai memcari blog-blog yang bisa Anda beri komentar. Untuk dapat menemukan blog-blog yang membahas topik yang sama dengan topik yang dibahas di blog Anda, Anda dapat mencarinya melalui Google Blogs & Blog Catalog.
    1. Google Blogs
      1. Silahkan Anda mengetikkan Google.com/BlogSearch pada web browser Anda.
      2. Silahkan Anda mengetikkan topik apa yang Anda bahas di blog Anda.
      3. Setelah itu tekan tombol "Google Search".
      4. Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka Google akan mengeluarkan daftar blog-blog yang membahas topik yang sama dengan topik yang Anda bahas di blog Anda.
      5. Selanjutnya Anda tinggal membuka blog-blog tersebut satu persatu, dan kemudian menuliskan komentar Anda pada blog tersebut. Jangan lupa memastikan blog tersebut adalah blog yang DoFollow.
    2. Blog Catalog
      1. Silahkan Anda mengetikkan BlogCatalog.com pada web browser Anda.
      2. Setelah itu, silahkan Anda menekan menu "Browse Blog" yang terdapat di bagian atas halaman.
      3. Setelah itu Blog Catalog akan menampilkan topik apa saja yang dibahas oleh blog-blog yang terdaftar di Blog Catalog dan Anda dapat memilih topik yang sesuai dengan yang dibahas di blog Anda. Misalkan, topik yang Anda bahas berhubungan dengan bisnis, maka silahkan Anda memilih topik "Business".
      4. Setelah memilih topik Business, silahkan Anda memilih website yang membahas topik yang paling mendekati dengan topik yang dibahas di blog Anda. Misalkan blog Anda membahas tentang Blog, maka Anda harus memilih website yang juga membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan blog agar sesuai dengan pembahasan di blog Anda.
      5. Setelah Anda memilih website tertentu, maka selanjutnya Blog Catalog akan menampilkan artikel-artikel yang ada di website tersebut. Anda tinggal memilih pada artikel yang mana Anda hendak menuliskan komentar Anda kemudian silahkan Anda menekan link artikel tersebut.

    Forum

    Sama seperti memberikan komentar di blog-blog milik orang lain, posting di forum juga dapat memberikan pengunjung serta backlink yang bagus untuk blog Anda. Untuk posting di forum, maka Anda harus dapat menemukan forum-forum yang membahas topik yang sama dengan topik yang dibahas di blog Anda.
    Pengunjung forum adalah orang-orang yang memang tertarik untuk mencari informasi tentang suatu topik tertentu. Sehingga apabila pengunjung forum tersebut membaca postingan yang Anda buat maka besar kemungkinannya pengunjung forum juga akan berkunjung ke blog Anda jika memang postingan yang Anda buat menarik atau bermanfaat bagi mereka.
    Untuk menemukan forum-forum yang membahas topik yang sama dengan topik yang dibahas di blog Anda, Anda dapat cara mencarinya di search engine Google dengan menggunakan kata kunci : "topik yang dibahas di blog Anda + forum". Misalkan blog Anda membahas topik tentang "bisnis online" maka yang harus Anda ketikkan adalah "bisnis online" + forum.
    Anda bisa juga mencari forum yang Anda inginkan melalui forum directory yaitu website yang menyediakan daftar forum-forum yang telah dikelompokkan dalam berbagai kategori untuk memudahkan pencarian. Berikut beberapa forum directory bisa Anda kunjungi:
    Forum directory tersebut akan memudahkan Anda untuk mencari forum yang sesuai dengan topik yang Anda bahas. Salah satu forum directory yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Big-Boards.com.
    1. Silahkan Anda mengunjungi Big-Boards.com dengan mengetikkan www.big-boards.com di web browser Anda.
    2. Setelah itu Anda dapat memilih kategori yang sesuai dengan topik yang Anda bahas di blog anda.
    3. Setelah itu akan muncul daftar sub kategori dan Anda bisa memilih sub kategori yang paling sesuai dengan topik yang Anda bahas di blog Anda.
    4. Setelah memilih sub kategori yang ada, Anda bisa melihat daftar forum beserta jumlah post dan member forum-forum tersebut.
    5. Anda tinggal memilih forum-forum yang Anda inginkan dan membuat backlink disana.

    Backlink dari Website .edu dan .gov

    Website .edu dan .gov merupakan website yang paling terpercaya di internet. Website .edu merupakan website-website edukasi yang hanya dimiliki oleh instansi pendidikan, seperti universitas, sekolah, laboratorium penelitian, dsb. Sedangkan website .gov adalah website-website yang dimiliki oleh pemerintahan. Oleh karena itu website-website tersebut merupakan website yang mempunyai otoritas atau tingkat kepercayaan yang tinggi di mata search engine. Apabila Anda bisa mendapatkan backlink dari website-website tersebut maka search engine akan menilai blog Anda berkualitas dan memberikan nilai plus untuk blog Anda. Sayangnya, mendapatkan backlink dari website .edu dan .gov tidaklah semudah mendapatkan backlink dari website-website lainnya.
    Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink dari website-website .edu atau .gov diantaranya :
    1. Memberikan Komentar Pada Website-Website .edu & .gov
      Untuk mencari blog-blog .edu yang memperbolehkan pengunjung memberikan komentar, maka yang bisa Anda lakukan adalah mencari di search engine dengan menggunakan keyword :
      site:.edu inurl:blog "post a comment"
      atau
      site:.edu inurl:blog "post a comment" - "you must be logged in" - "comments closed"
      atau
      site:.edu inurl:blog "post a comment" - "you must be logged in" - "comments closed" + �keyword Anda"
      Sedangkan untuk blog-blog .gov, maka keyword yang harus Anda pergunakan adalah :
      site:.gov inurl:blog "post a comment"
      atau
      site:.gov inurl:blog "post a comment" - "you must be logged in" - "comments closed"
      atau
      site:.gov inurl:blog "post a comment" - "you must be logged in" - "comments closed" + "keyword Anda"
      Anda akan mendapatkan puluhan, ratusan bahkan ribuan daftar blog .edu atau .gov yang bisa menerima komentar dari pengunjung tanpa harus login. Berilah komentar yang bernilai, informatif dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang Anda masukkan nantinya akan direview dulu oleh moderator sebelum ditampilkan.
    2. Bergabung di Forum-Forum .edu & .gov
      Cara lain untuk mendapatkan backlink adalah dengan bergabung di forum-forum .edu dan .gov. Anda bisa mencantumkan link blog Anda di profil forum dan juga pada kolom signature (yang ada di bagian bawah setiap artikel yang Anda tuliskan). Bayangkan jika Anda mempunyai 1000 post di suatu forum, maka otomatis Anda akan mempunyai 1000 backlink di forum tersebut. Akan tetapi yang perlu Anda ingat, sebaiknya jangan menaruh link pada artikel yang Anda tuliskan karena tidak semua forum mengijinkan adanya link pada suatu postingan dan Anda akan dianggap sebagai spammer. Untuk mencari forum-forum .edu dan .gov, berikut daftar keyword yang dapat Anda pergunakan ketika melakukan pencarian di search engine :
      • site:.edu "powered by vBulletin" inurl:"register"
      • site:.edu "powered by phpBB" inurl:"register"
      • site:.edu "powered by PunBB" inurl:"register"
      • site:.edu "powered by SMF" inurl:"register"
      • site:.edu "powered by IPB" inurl:"register"
      • site:.edu "powered by expressionengine" inurl:"register"
      • site:.edu inurl:CreateUser.aspx
      • site:.edu inurl:register.aspx
      • site:.gov "powered by vBulletin" inurl:"register"
      • site:.gov "powered by phpBB" inurl:"register"
      • site:.gov "powered by PunBB" inurl:"register"
      • site:.gov "powered by SMF" inurl:"register"
      • site:.gov "powered by IPB" inurl:"register"
      • site:.gov "powered by expressionengine" inurl:"register"
      • site:.gov inurl:CreateUser.aspx
      • site:.gov inurl:register.aspx
    Setelah Anda mengetahui cara untuk mendapatkan backlink dari website-website .edu dan .gov, Anda bisa memulai membangun backlink dari website-website tersebut secara berkala. Berikut beberapa catatan sebelum Anda membangun backlink dari website .edu & .gov:
    • Berikan kontribusi yang berkualitas baik dalam memberikan komentar maupun dalam diskusi pada forum. Jangan melakukan spam pada website-website tersebut. Jangan lupa bahwa komentar atau posting Anda akan dipantau oleh moderator, jadi apabila Anda tidak memberikan informasi dan nilai yang penting pada komentar/posting Anda, maka komentar/posting Anda tersebut bisa dihapus atau bahkan ditandai sebagai spam, dan Anda hanya akan membuang waktu.
    • Jangan membuat link lebih dari satu pada setiap website. Anda bisa berkomentar lebih dari satu pada sebuah blog .edu atau .gov. Tapi pilihlah satu komentar Anda yang paling baik dan masukkan link Anda disana. Apabila Anda menaruh link Anda di setiap komentar maka moderator akan mengetahui bahwa Anda hanya ingin menaruh backlink disana.
    • Batasi 5-10 backlink dari website .edu dan .gov setiap harinya agar tampak natural bagi search engine. Apabila Anda mendapatkan terlalu banyak backlink dari website-website tersebut dalam satu harinya maka hal tersebut akan tampak mencurigakan bagi search engine dan website Anda bisa ditandai serta dicurigai.

Melakukan Ping

Setelah Anda mengetahui dimana Anda bisa mendapatkan backlink dan bagaimana cara membuat backlink yang baik selanjutnya Anda perlu memberitahukan search engine agar search engine dapat lebih cepat menemukan backlink yang telah Anda buat. Cara untuk memberitahukan search engine tersebut adalah dengan melakukan ping melalui website penyedia layanan ping / ping service.

    Ping Service

    Ping service adalah suatu layanan yang memberikan informasi kepada search engine bahwa ada perubahan atau tambahan pada blog Anda sehingga secara otomatis search engine akan langsung mengunjungi blog Anda. Ketika search engine mengunjungi blog Anda dan melihat memang ada perubahan atau tambahan baru, maka secara otomatis search engine juga akan menghitung dan menilai kembali kualitas dari blog Anda dan hal tersebut pasti akan memberikan dampak pada peringkat blog Anda.
    Ada banyak website-website yang menyediakan layanan ping service secara otomatis diantaranya :
    1. PingOMatic.com
    2. Pingoat.com
    3. Feedshark.Brainbliss.com
    Anda dapat melakukan ping dengan cara :
    1. Silahkan Anda membuka website Pingomatic.com dengan cara mengetikkannya di web address Anda. Setelah Anda mengetikkan alamat tersebut, maka akan tampil halaman utama dari Pingomatic.com.
    2. Setelah itu, silahkan Anda mengisikan beberapa data yang dibutuhkan :
      1. Nama Blog yang akan Anda ping.
      2. Alamat URL blog Anda.
      3. Alamat RSS Feed blog Anda (apabila Anda hendak melakukan ping terhadap RSS Feed blog Anda).
      4. Silahkan Anda menekan link "Check All" agar blog Anda dapat di submit di semua website yang ada di dalam daftar tersebut.
      Setelah Anda selesai mengisikan semua data yang dibutuhkan, silahkan Anda menekan tombol "Send Pings" agar blog Anda dapat segera di ping.
    3. Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka secara otomatis blog Anda akan di ping ke semua website yang Anda pilih. Anda akan dapat melihat hasil ping blog Anda tersebut seperti yang tampak dibawah ini.
Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari backlink yang telah Anda bangun :
  1. Sebaiknya Anda tidak melakukan "ping" secara langsung terhadap alamat website Anda, akan tetapi melakukan "ping" terhadap website atau directory yang mempunyai backlink yang mengarah ke website Anda. Sebagai contoh, langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan dalam melakukan "ping" adalah:
    1. Silahkan Anda men-submit satu artikel yang Anda buat ke artikel direktori tertentu yang mana pada artikel tersebut terdapat link yang mengarah ke website Anda.
    2. Silahkan Anda menunggu hingga Anda mendapatkan konfirmasi bahwa artikel yang Anda submit ke artikel direktori tersebut telah dipublish.
    3. Silahkan Anda mencari dan menyimpan alamat artikel yang telah dipublish tersebut.
    4. Silahkan Anda melakukan "ping" terhadap alamat artikel tersebut.
    Setelah Anda melakukan "ping" terhadap alamat dimana artikel Anda dipublish, maka robot search engine akan melakukan crawl dan indexing terhadap artikel direktori tersebut. Berhubung artikel directory tersebut mempunyai PR yang tinggi dan pada artikel yang di publish tersebut terdapat link yang mengarah ke blog Anda, maka dampak yang diperoleh akan jauh lebih bagus dibandingkan apabila Anda melakukan "ping" secara langsung terhadap blog Anda. Karena search engine menganggap bahwa blog Anda mendapatkan backlink dari website yang memiliki peringkat yang tinggi.
  2. Apabila Anda membangun backlink, maka sebaiknya Anda membangun backlink secara perlahan-lahan dan dilakukan secara terus menerus. Banyak orang yang melakukan kesalahan ketika membangun backlink. Ketika mereka mulai membangun backilnk, mereka melihat bahwa website mereka telah di index oleh Google maka mereka menghentikan proses membangun backlink tersebut, dan beberapa saat kemudian melakukannya kembali. Hal tersebut adalah salah besar. Yang harus Anda ingat adalah ketika Anda membangun backlink, maka proses tersebut harus dilakukan secara konsisten dan lakukan perlahan-lahan pada awalnya. Jangan membangun backlink dengan cepat ketika pertama kali mulai. Bangunlah beberapa backlink untuk minggu-minggu awal, lakukan secara terus menerus serta dengan jumlah backlink yang terus meningkat tiap minggunya sehingga tampak alami di mata search engine.
  3. Usahakan agar Anda dapat membangun backlink di website-website yang membahas topik yang sama dengan topik yang Anda bahas di blog Anda.
  4. Usahakan agar Anda dapat membangun backlink di website-website yang mempunyai peringkat yang lebih tinggi dibandingkan peringkat blog Anda sendiri.
Blog, Updated at: 23.28

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !

Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.

Baca dan Tulis. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi Blog

SAHABAT BLOGGER