BAB 8 PLUGIN WORDPRESS

Written By teguh creativa on Minggu, 19 Maret 2017 | 23.26

Setelah Anda mempelajari tentang bagaimana cara membuat blog, mempromosikan blog Anda dengan menggunakan teknik SEO On Page dan SEO Off Page, maka sekarang Anda perlu mengetahui berbagai macam plugin yang dapat membantu Anda untuk mengaplikasikan teknik-teknik SEO dengan lebih mudah serta kegunaan dari masing-masing plugin tersebut. Ada banyak plugin yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan nilai blog Anda di mata search engine. Anda dapat menginstall plugin-plugin tersebut dengan cara yang sama yaitu :
  1. Silahkan Anda masuk ke area admin untuk blog Anda.
  2. Setelah itu Anda dapat melihat di sebelah kiri, dan menuju ke menu Plugins dan sub-menu "Add New".
  3. Anda dapat mengetikkan nama plugin yang Anda inginkan untuk diinstall di blog Anda.
  4. Setelah itu Anda dapat menekan tombol "Search Plugins".
  5. Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka akan keluar berbagai macam plugin yang sesuai dengan nama plugin yang telah Anda inputkan di langkah nomor 3.
  6. Dari daftar yang ada tersebut, Anda dapat memilih plugin yang Anda inginkan kemudian menekan link "Install Now" yang terdapat di bawah nama plugin yang telah Anda pilih tersebut.
  7. Setelah itu, silahkan Anda menekan tombol "Oke" untuk menyatakan bahwa Anda benar-benar ingin menginstall plugins tersebut di blog Anda.
  8. Setelah plugin tersebut telah berhasil diinstall di blog Anda, maka akan keluar pemberitahuan bahwa proses install tersebut telah selesai dilakukan.
  9. Anda dapat melihat plugin yang baru Anda install tersebut di menu Plugins dan sub-menu "Installed Plugins".
 
Ada berbagai macam plugin yang perlu Anda install di blog Anda diantaranya :

Akismet

Akismet adalah salah satu plugin yang cukup bagus untuk melindungi blog Anda dari komentar-komentar yang bersifat SPAM atau yang hanya bertujuan untuk memberikan backlink bagi blog pemberi komentar. Akismet memiliki server terpusat yang akan secara otomatis mendeteksi komentar yang bersifat SPAM dan kemudian memindahkan komentar tersebut ke folder SPAM yang ada di blog Anda. Anda dapat mempergunakan plugin akismet untuk blog Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Setelah Anda menginstall plugin Akismet di blog Anda dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas tersebut, maka selanjutnya Anda akan dapat melihat plugin tersebut ada di daftar plugin yang telah diinstall di blog Anda. Untuk mengaktifkan plugin tersebut, maka silahkan Anda menekan link "Activate" yang terletak di bagian bawah plugin Akismet.
  2. Setelah plugin Akismet tersebut aktif, maka selanjutnya Anda membutuhkan "Akismet API key" agar plugin Akismet ini bisa berjalan. Untuk mendapatkan "Akismet API key" silahkan Anda menekan link "Sign up for an Akismet API key".
  3. Anda akan masuk ke website Akismet.com dan setelah itu silahkan Anda menekan tombol "Get an Akismet API Key".
  4. Setelah itu silahkan Anda menekan tombol "Sign Up" di bagian "Personal".
  5. Silahkan Anda mengisikan data-data yang diminta serta jangan lupa untuk menggeser scrollbar yang digunakan untuk menentukan besar biaya yang bersedia Anda bayarkan. Setelah Anda selesai mengisikan semua data yang diminta tersebut, silahkan Anda menekan tombol "Continue".
  6. Setelah itu, proses pendaftaran Akismet Anda telah selesai.
  7. Anda akan menerima email yang berisikan API key yang dipergunakan untuk mengaktifkan plugin Akismet di blog Anda. Silahkan Anda mencopy API Key tersebut.
  8. Setelah itu silahkan Anda kembali ke area admin blog Anda pada sub-menu "Akismet Configuration" untuk memasukkan API Key yang telah Anda copy pada langkah sebelumnya. Setelah Anda memasukkan API key tersebut silahkan Anda menekan tombol "Update Options".
  9. Setelah Anda menekan tombol tersebut, maka secara otomatis plugin Akismet tersebut telah berhasil diinstall dan aktif di blog Anda.

WordTwit

Plugin ini berguna untuk melakukan tweet secara otomatis di akun twitter Anda setiap kali Anda melakukan penambahan artikel pada blog Anda. Agar plugin ini dapat berjalan secara maksimal, maka yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Setelah berhasil meng-install plugin WordTwit, silahkan Anda menekan link "Settings" yang ada dibawah plugin WordTwit.
  2. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa informasi yang dibutuhkan diantaranya :
    1. Tentukan pilihan untuk metode penyingkatan URL (URL shortening) yang akan Anda gunakan. Apakah Anda akan menggunakan Tinyurl, Bit.ly, atau yang lainnya?
    2. Tentukan account twitter yang akan Anda pergunakan untuk men-tweet setiap postingan baru di blog Anda kemudian tekan link "Sign-in Using Twitter". Silahkan Anda Login ke account twitter Anda kemudian tekan tombol "Authorize app".
    3. Tentukan format pesan apabila ada post yang akan di tweet.
    4. Jika Anda ingin men-tweet post yang sesuai dengan tag atau kategori tertentu saja maka Anda dapat mengisikan tag/kategori yang Anda inginkan disini. Apabila Anda tidak ingin men-tweet post yang mempunyai tag atau berada di kategori tertentu maka Anda dapat mengisi tag/kategori yang tidak Anda inginkan tersebut disini dan mencentang pilihan "Reverse behaviour".

All in One SEO Pack

All in One SEO Pack adalah salah satu plugin wordpress yang akan sangat membantu Anda dalam mengoptimasi blog Anda tanpa Anda harus direpotkan dengan penulisan meta tag pada kode HTML. Dengan mempergunakan plugin ini, maka Anda hanya perlu mengisikan beberapa form isian yang telah disediakan setiap kali Anda menambahkan konten baru di blog Anda. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat mempergunakan plugin ini dengan maksimal adalah :
  1. Silahkan Anda menginstall plugin ini dengan menggunakan langkah-langkah untuk menginstall plugin yang telah dijelaskan di bagian atas dari bab ini.
  2. Setelah Anda mengintall plugin ini, maka Anda tinggal mengaktifkan plugin ini dengan cara menuju ke menu Plugins kemudian sub-menu Installed Plugin. Setelah Anda menekan sub-menu tersebut, maka akan muncul plugin-plugin yang telah Anda install di blog Anda. Silahkan Anda menekan link "Activate" yang ada di bawah plugin All In One SEO.
  3. Setelah Anda mengaktifkan plugin tersebut, maka Anda tinggal mengubah setting plugin tersebut di menu Settings kemudian pilih sub menu "All In One SEO".
  4. Setelah itu ada beberapa isian yang harus Anda isikan, diantaranya :
    1. Centang pada "I enjoy this plugin and have made a donation".
    2. Pilih "Enabled" pada "Plugin Status" untuk mengaktifkan plugin "All in One SEO".
    3. Judul halaman Anda. Usahakan dalam mengisikan judul halaman, Anda menyertakan keyword yang dibahas di judul halaman tersebut.
    4. Deskripsi halaman yang Anda tuliskan. Usahakan dalam menuliskan deskripsi ini, Anda juga menyertakan keyword yang dibahas pada halaman tersebut.
    5. Keyword-keyword yang dipergunakan pada blog Anda tersebut.
    Setelah Anda mengisikan semua data-data tersebut diatas, maka selanjutnya silahkan Anda menekan tombol "Update Options" untuk menyimpan segala perubahan yang Anda buat.
  5. Setelah Anda menginstall plugin All In One SEO maka setiap kali anda menuliskan konten di blog Anda, maka plugin ini juga akan menyediakan form isian yang akan meminta Anda untuk mengisikan Judul konten yang Anda tuliskan, deskripsi singkat tentang konten tersebut serta keyword yang dipergunakan pada konten tersebut (biasanya form isian ini terletak di bagian bawah halaman). Sebaiknya setiap kali Anda menuliskan konten baru pada blog Anda tersebut, Anda mengisikan form isian ini karena hal tersebut akan sangat membantu dalam proses optimasi blog Anda di mata search engine.

 

SEO Smart Links

SEO Smart Links adalah plugin yang dapat membuat in-text link dalam artikel blog Anda secara otomatis. Plugin ini akan menggantikan kata-kata tertentu di artikel blog Anda menjadi sebuah link ke halaman tertentu. Misalkan : Anda menginginkan setiap kata "bisnis online" yang ada di artikel blog Anda menjadi link ke halaman "http://blakblakan.com" atau link ke halaman lain di blog Anda yang membahas tentang bisnis online secara mendetail maka Anda tidak perlu mengganti di setiap artikel. Cukup install plugin SEO Smart Links dan Anda bisa melakukannya secara otomatis.
Dengan membuat in-text link (link yang ada pada artikel atau konten suatu blog) menggunakan SEO Smart Links ini, Anda dapat membuat inbound link (link antar halaman pada blog) dengan mudah sehingga pengunjung blog Anda secara otomatis akan dapat membaca artikel-artikel lain yang ada di blog Anda. Hal ini juga akan sangat menguntungkan bagi blog Anda karena dengan menaruh inbound link pada isi artikel juga memberi nilai lebih di mata search engine.
Setelah Anda selesai menginstall plugin SEO Smart Link di blog Anda dengan langkah-langkah yang sama dengan yang telah diterangkan diatas, maka selanjutnya Anda dapat mengubah settingnya dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Silahkan Anda menekan menu Settings kemudian sub-menu "SEO Smart Links"
  2. Setelah itu akan muncul halaman dimana Anda dapat mengubah setting untuk plugin SEO smart link ini. Beberapa setting yang perlu Anda perhatikan diantaranya :
    1. Apakah plugin dapat menaruh link pada post / artikel yang Anda buat? Silahkan Anda mencentang pada bagian ini.
    2. Apakah link dari suatu post ke post tersebut (link ke halaman itu sendiri) diperbolehkan? Akan lebih baik apabila hal tersebut tidak diperbolehkan.
    3. Apakah plugin dapat menaruh link pada page / halaman? Silahkan Anda mencentang pada bagian ini.
    4. Apakah diperbolehkan untuk membuat link dari suatu page ke page itu sendiri (link ke halaman itu sendiri)? Akan lebih baik apabila hal tersebut tidak diperbolehkan.
    5. Apakah plugin dapat menaruh link pada komentar-komentar yang ada di blog Anda? Hal tersebut tidak disarankan karena akan memperlambat blog Anda.
    6. Centang pada "Prevent linking in heading tags" agar plugin tidak membuat link pada kata-kata yang merupakan judul, sub judul, dll yang menggunakan tag <h1>, <h2>, dst.
    7. Pilih apakah target link yang akan dibuat akan menuju ke post , page, halaman kategori atau halaman tags. Disarankan untuk memilih post dan pages saja.
    8. Centang pada "Process only single posts and pages" agar plugin ini hanya bekerja pada artikel dan page saja dan tidak di halaman utama, halaman kategori, archive, dll.
    9. Centang pada "RSS Feed" apabila Anda menginginkan plugin ini bekerja pada RSS feed.
    10. Tentukan apakah proses pencarian kata case sensitive atau tidak.
    11. Tentukan post / page yang tidak ingin Anda beri links otomatis. Apabila Anda menentukan lebih dari satu post / page, pisahkan post / page tersebut dengan tanda baca koma (,).
    12. Tentukan kata - kata yang harus diabaikan dari link otomatis. Apabila Anda menentukan lebih dari satu kata-kata, pisahkan kata-kata tersebut dengan tanda baca koma (,).
    13. Disini Anda dapat membuat link otomatis. Tentukan kata-kata yang ingin Anda jadikan link dan serta tentukan url link Anda dipisahkan dengan tanda koma.
      Contoh : bisnis online, peluang usaha online, http://blakblakan.com. Setiap kata "bisnis online" dan "peluang usaha online" yang ada di artikel-artikel di blog Anda akan menjadi link yang mengarah ke alamat "http://blakblakan.com".
    14. Tentukan total maksimal link yang boleh dibuat pada satu artikel / halaman. Pilih 0 apabila Anda tidak ingin menetukan batas link.
    15. Tentukan batas maksimal jumlah link untuk kata-kata yang sama yang boleh dibuat pada satu artikel/halaman. Pilih 0 apabila Anda tidak ingin menetukan batas link.
    16. Tentukan batas maksimal link yang menuju ke url yang sama pada satu artikel / halaman.
    17. Silahkan anda mencentang "add nofollow attribute" apabila Anda ingin menambahkan atribut "nofollow" pada setiap link yang terbentuk.
    18. Centang pada "Open in new window" apabila Anda ingin jika link Anda dibuka pada halaman baru.
    Setelah Anda menentukan semua setting yang diperlukan, silahkan Anda menekan tombol "Update Options" untuk menyimpan semua perubahan yang telah Anda lakukan.

Similar Posts & Post-Plugin Library

Plugin similar posts ini akan menampilkan daftar artikel-artikel pada blog Anda yang memiliki kemiripan dengan konten yang pada saat ini sedang dilihat / dibaca oleh pengunjung blog Anda. Daftar similar post ini dapat Anda kelompokan dari berbagai kriteria diantaranya judul konten, isi konten atau bahkan keyword yang Anda pergunakan ketika menuliskan konten. Dengan adanya plugin ini maka pengunjung blog Anda akan dapat mengetahui artikel-artikel lain pada blog Anda yang berhubungan dengan konten sedang dibaca pada saat itu. Untuk dapat mempergunakan plugin ini, Anda harus terlebih dahulu menginstall plugin Post-Plugin Library.
Langkah-langkah untuk melakukan setting terhadap plugin Similar Post ini adalah sebagai berikut :
  1. Silahkan Anda menginstall dan mengaktifkan Post-Plugin Library terlebih dahulu dengan langkah-langkah yang sama dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas.
  2. Setelah itu baru Anda menginstall dan mengaktifkan plugin Similar Post.
  3. Setelah plugin Similar Post dan Post-Plugin Library diinstall dan diaktifkan, silahkan Anda menekan menu Settings kemudian pilih sub-menu Similar Posts.
  4. Setelah itu akan muncul halaman untuk mengubah setting dari plugin similar posts ini. Pada halaman ini ada beberapa setting yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah :
    1. Jumlah daftar postingan yang dimunculkan apabila mempunyai kemiripan atau kesamaan dengan postingan yang pada saat ini sedang dibaca pengunjung blog Anda.
    2. Jumlah postingan yang diabaikan.
    3. Apabila ada postingan di blog Anda yang hanya dapat dibaca apabila memasukkan suatu password tertentu (password protected) juga boleh dimunculkan dalam daftar similar post?
    4. Apakah Anda ingin halaman yang bersifat statik / tetap juga ikut ditampilkan?
    5. Apakah file yang di "attach" juga ikut ditampilkan?
    6. Post/artikel yang bagaimana yang ingin Anda tampilkan? Apakah artikel yang telah dipublish saja? Atau artikel yang bersifat rahasia juga ditampilkan? Atau yang masih berupa draft? Atau artikel yang sedang dijadwalkan untuk dipublish (akan dipublish di masa mendatang)? Pilih "Yes" jika ingin ditampilkan dan pilih "No" bila tidak.
    7. Apakah Anda ingin mengabaikan post atau artikel yang telah berapa lama Anda posting?
    8. Apakah post yang aktif hendak diabaikan?
    9. Apakah disesuaikan dengan kategori post / artikel?
    10. Apakah disesuaikan dengan keyword post / artikel?
    11. Apakah disesuaikan dengan pengarang atau pembuat artikel?
    Setelah Anda mengubah setting yang ada sesuai dengan keinginan Anda, maka selanjutnya silahkan Anda menekan tombol "Save General Settings" untuk menyimpan perubahan-perubahanyang Anda lakukan.
  5. Setelah itu silahkan Anda menekan link menu "Other" yang terdapat di bagian atas halaman. Pada halaman tersebut ada setting yang perlu Anda perhatikan, yaitu kecocokan suatu artikel dibandingkan artikel yang lainnya ditentukan dari mana saja dan berapa besar tingkat pengaruhnya. Disini Anda dapat menentukan berapa besar pengaruh konten, berapa besar pengaruh artikel serta berapa besar pengaruh keyword terhadap posting yang akan ditampilkan di "Similar Post".
    Setelah Anda menentukan berapa besar masing-masing pengaruhnya, silahkan Anda menekan tombol "Save Other Settings".
Blog, Updated at: 23.26

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !

Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.

Baca dan Tulis. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi Blog

SAHABAT BLOGGER