5 Hal Yang Harus di Perhatikan Ketika Membeli Rumah

Written By teguh creativa on Minggu, 16 September 2012 | 21.47

SUKSESDUNIA - Membeli rumah merupakan keputusan yang cukup penting dan besar dalam hidup. Di dalam kita akan tinggal bersama orang-orang tercinta dan menghabiskan sebagian besar waktu dalam hidup. Untuk itu, memilih rumah tidak bisa sembarangan, harus di lakukan pemikiran yang matang dan investigasi yang mendalam.

Dari sekian banyak pertimbangan yang harus, dipikirakan adalah 5 hal yang terpenting yang wajib anda perhatikan saat membeli rumah.


1. Lokasi Yang Strategis
3 hal pertama yang harus di perhatikan saat akan membeli rumah adalah Lokasi, lokasi dan lokasi. Anda bisa tinggal di rumah yang bukan merupakan rumah idaman sekalipun jika anda dan keluarga menyukai lingkungannya dan cocok dengan para tetangga. Bila anda kurang cocok dengan kondisi rumah yang anda beli anda bisa merenovasi tapi jika sudah menyangkut lingkungan anda tentu tidak bisa mengubahnya. Saat mencari runah, pertimbangkan kemudahan akses ke tempat kerja dan sekolah anak-anak, keramahan tetangga, kegiatan lingkungan, lalu lintas, tempat belanja dan juga transportasi.

2. Harga
Tidak hanya harga rumah, tapi juga biaya yang di keluarkan selama proses jual beli rumah dan setelah anda menempatinya. Mulai dari biaya pengurusan akta jual beli, sertifikasi hak milik, biaya notaris, biaya balik nama, pajak bumi dan bangunan, hipotek, dan lain sebagainya. Pastikan bujet anda cukup untuk semua biaya tersebut. Jadi jangan hanya memperhatikan harga fisik yang terpampang tapi juga biaya-biaya yang berkaitan dengan pengurusan hukum.

3. Nilai Properti di Masa Sekarang dan Mendatang
Perhatikan apakah ada prospek harga rumah akan melambung tinggi di masa mendatang? Atau meingkat bahkan menurun? Apakah lokasi rumah tersebut berpotensi terkena penggusuran dari proyek pemerintah? Jika ya, berapa kira-kira besar biaya ganti rugi. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang hal tersebut agar anda tidak merugi. Bila kira-kira ke depannya akan lebih banyak dampak negatifnya, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli rumah tersebut dan cari yang lebih prospektif di jadikan investasi jangka panjang.

4. Kondisi tanah Tempat Rumah di Bangun
Perhatikan struktur bangungan, apakah di kerjakan oleh perusahaan konstruksi yang bereputasi tinggi? Fokuskan juga perhatian pada medan bangunan, apakah tanahnya cukup stabil dan tidak mengandung lumpur atau dampak yang lebih buruk di masa mendatang? Tanah seperti apa yang berada di bawah bangunan? Anda mungkin juga perlu mengecek kondisi tanah jika berencana membuat kebun di dalam pekarangan rumah. Periksa apakah ada racun atau zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di dalam tanah. Hal ini cukup penting, terutama jika ada anggota keluarga yang mudah alergi atau punya masalah kesehatan.

5. Fasilitas Umum di Sekitar Rumah
Bila anda pasangan yang baru menikah dan berencana punya anak, pertimbangkan lokasi taman bermain dan sekolah. Apakah rumah anda cukup dekat dan terjangkau dengan lembaga pendidikan? Hal ini penting di pikirkan untuk kemudahan dan keamanan balita atau anak usia TK dan SD agar tidak terlalu jauh saat bersekolah. Pertimbangkan juga kemudahan transportasi publik, atau minimal aksesnya mudah di capai.

Setelah mengetahui 5 hal yang harus di perhatikan ketika membeli rumah, semoga anda bisa mendapatkan rumah idaman anda. Tentu saja anda akan senang ketika yang anda beli tanpa uang sendiri dan tanpa hutang.

Sumber :  Wolipop.detik
Blog, Updated at: 21.47

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !

Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.

Baca dan Tulis. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi Blog

SAHABAT BLOGGER