5 Langkah Mudah Menabung Dengan Otomatis

Written By teguh creativa on Senin, 17 September 2012 | 13.06

SUKSESDUNIA - Harga barang-barang kebutuhan pokok yang terus naik tanpa di barengi kenaikan pendapatan bisa membuat kita makin kesulitan dalam menabung. Dalam situasi yang sekarang, kita harus pintar lagi menyimpan uang, kalau bisa tanpa sadar anda bisa menabung secara otomatis. Berikut 5 langkah mudah menabung dengan otomatis.

1. Jalankan Pilot Otomatis Anda
Salah satu trik untuk membiasakan diri dalam menabung adalah menempatkan simpanan di atas segala. Jadi, begitu tagihan bulanan datang, jangan langsung menyusun daftar yang harus di bayar. Tapi sisihkan sebagian uang untuk anda simpan terlebih dahulu

Dengan begitu, setelah anda menyusun seluruh daftar tagihan dan menyiapkan uangnya, secara tidak sadar anda sudah punya uang untuk di simpan, kalau ternyata tagihan tidak terlalu banyak. Tapi, jika ternyata tagihannya cukup banyak, anda bisa mengambil sebagian uang yang sudah anda simpan pertama kali.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah meminta kepada pihak bank anda, jika memungkinkan, untuk memisahkan sebagian uang anda ke akun terpisah setiap bulan setelah gajian. Dengan begitu, anda tidak akan sadar akan jumlah uang yang anda simpan meski jumlahnya sudah menggunung.

Jumlah yang harus di sisihkan tidak perlu terlalu besar. Hanya dengan Rp 200 ribu/bulan, anda akan punya Rp 2,4 juta dalam setahun, tanpa anda sadari.

2. Simpan Kembalian
Masih ingat anda belajar menabung dari uang receh jaman masih kecil? Tidak ada salahnya untuk mengulang kembali kebiasaan ini. Mulailah dengan mengosongkan uang receh di dompet anda setiap akhir pekan.

Anda bisa melibatkan keluarga juga dalam melakukan tabungan kecil ini. Apalagi anda punya anak, kebiasaan menyimpan uang ini sangat bagus, karena si kecil akan menghargai uang meski itu nilainya kecil. Jika tabungannya mulai penuh, tukar uang receh di bank terdekat.

Jika anda melakukan hal ini secara rutin, bukan tidak mungkin dalam satu tahun nilanya bisa menembus jutaan rupiah tanpa anda sadari. Dengan begitu, anda juga akan lebih menghargai uang recehan dibandingkan sebelumnya.

3. Jangan di Ingat-ingat kalau Anda Sudah Naik Gaji
Gaji anda naik? Selamat !!!, sebelum anda tidak berpikir waras dan nign segera belanja sesuatu, sebaiknya anda tidak perlu mengingat-ingatnya kalau anda baru saja naik gaji. Sebaiknya anda masukkan selisih gaji baru ini kedalan tabungan seperti yang di sebutkan dalam poin pertama tadi. Sehingga, uang yang anda sisihkan setiap bulanya makin bertambah.

4. Jalankan Kebiasaan
Jika akhirnya anda sudah selesai membayar cicilan rumah yang butuh waktu bertahun-tahun, jangan mulai cari kredir lain, tetapi tetap sisihkan uang yang sama untuk masuk langsung ke tabungan anda. Ubahalah kebiasaan kredit anda menjadi kebiasaan menabung.

5. Simpan Harta Karun
Kita semua pasti pernah mengalami hal ini, menemukan uang di lokasi atau benda yang kadang kita lupa. Misal : Menemukan uang Rp 100 ribu di saku celana jeans. Jangan langsung anda habiskan harta karun seperti ini, sebaiknya anda simpan baik-baik di tabungan anda. Anggaplah sebagai dana kejutan untuk tabungan anda.

Tapi, bila anda ingin membeli barang dari uang tersebut sebaiknya di bagi dua saja, setengah untuk jajan, setangah lagi di tabung. Dengan begini anda masih bisa menyiapkan dana untuk masa depan dan tetap bisa bersenang-senang dengan membelanjakan harta karun tersebut.

Note : Menabung uang tidak perlu di buat sulit, Dengan beberapa tips ini, anda bisa menabung tanpa harus merasa terbebani, bahkan anda tidak akan sadar jumlahnya begitu besar hanya dalam waktu singkat.

Sumber : Detik.finance.com
Blog, Updated at: 13.06

1 komentar:

  1. I simply could not leave your web site prior to suggesting that I actually loved
    the usual info a person provide on your visitors?
    Is going to be again ceaselessly in order to check
    out new posts
    My web page :: rankings

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !

Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.

Baca dan Tulis. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi Blog

SAHABAT BLOGGER