SEARCH ENGINE OPTIMIZATION

Written By teguh creativa on Senin, 20 Maret 2017 | 00.08

Setelah Anda memiliki sebuah website yang dapat Anda pergunakan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda, maka kini saatnya Anda mempelajari bagaimana caranya mempromosikan website tersebut agar dapat dikunjungi oleh orang banyak. Sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari search engine, serta apa itu search engine optimization.
 

Cara Kerja Search Engine

Menurut Google, cara kerja search engine Google adalah sama dengan apabila kita mencari suatu kata tertentu di indeks satu buku besar. Hanya saja Google mencari data atau informasi tersebut dengan menggunakan algoritma tertentu sehingga bisa memberikan hasil yang paling relevan dengan apa yang dicari pengunjung dalam waktu yang sangat cepat. Sebenarnya cara kerja Google ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu menjelajahi situs-situs atau web-web yang ada (crawling), meng-index, dan yang terakhir memberikan hasil yang diperoleh kepada pengunjung.
Crawling adalah suatu proses dimana robot dari search engine Google menjelajahi situs-situs atau web-web yang ada, baik untuk menemukan halaman baru atau halaman yang telah diperbaharui oleh pemiliknya untuk ditambahkan pada indeks Google. Robot Google yang dipergunakan untuk menelusuri halaman-halaman web biasanya dikenal dengan nama Googlebot atau Google spider.
Googlebot ini mempunyai algoritma tertentu yang dipergunakan untuk menentukan website-website mana yang harus di-crawl / dijelajahi, seberapa sering suatu halaman web harus dikunjungi kembali dan berapa halaman yang harus dikunjungi dari suatu website.
Proses crawling dimulai dari daftar halaman-halaman web yang diperoleh dari hasil crawling yang pernah dilakukan sebelumnya dan ditambah dengan data sitemap yang disediakan oleh pemilik website. Pada waktu penelusuran, Googlebot akan memeriksa file robot.txt (jika ada) yang memuat link mana saja dari suatu website yang boleh ditelusuri dan yang tidak boleh ditelusuri. Selain itu penelusuran juga tergantung dari banyak faktor diantaranya: peringkat suatu website (PR/Page Rank), link-link yang menuju ke halaman tersebut, serta variabel-variabel lainnya seperti jumlah parameter pada suatu URL.
Setelah menelusuri suatu website (crawling), Googlebot akan mengindex halaman-halaman web tersebut dan memproses informasi yang ada disana seperti title tag (judul halaman), meta tag (keyword & deskripsi), alt (kode html untuk gambar), dsb.
Ketika pengunjung melakukan pencarian atas suatu keyword, maka Google akan mencari halaman-halaman yang cocok dan relevan dengan keyword yang dicari tersebut serta menampilkan hasilnya secara berurutan berdasarkan banyak faktor diantaranya PageRank.
Pagerank merupakan ukuran pentingnya suatu halaman web dilihat dari kacamata Google. Pagerank tersebut ditentukan berdasarkan banyak hal diantaranya link dari halaman web lain yang mengarah ke halaman web tersebut. Semakin banyak link yang mengarah ke suatu halaman, maka search engine akan menganggap halaman tersebut penting dan memiliki isi/konten yang berguna. Pagerank Google mempunyai nilai 1-10 dan semakin tinggi Pagerank suatu website, maka semakin besar kemungkinan website tersebut akan berada di posisi atas pada hasil pencarian.

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau yang biasanya disebut dengan SEO adalah salah satu cara agar website Anda dapat memperoleh peringkat yang tinggi di search engine sehingga website Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh orang-orang melalui internet. Apabila website tersebut dibuat dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang atau jasa, maka apabila semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda, otomatis jumlah penjualannya juga akan semakin meningkat.
Teknik SEO sebenarnya dibagi menjadi 2 macam yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah teknik yang dilakukan pada halaman-halaman internal website untuk membuat website menjadi lebih bagus/optimal di mata search engine, sedangkan SEO Off Page adalah teknik yang dilakukan diluar halaman website untuk meningkatkan peringkat website Anda di mata search engine. Satu-satunya cara SEO Off Page yang dapat Anda lakukan adalah dengan membangun link menuju ke website Anda. Semakin banyak link menuju ke website Anda, maka hal tersebut akan semakin meningkatkan peringkat website Anda di mata search engine.
Blog, Updated at: 00.08

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !

Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.

Baca dan Tulis. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi Blog

SAHABAT BLOGGER