Di zaman dimana penggunaan internet semakin
berkembang, metode bisnispun telah mengalami pergeseran. Saat ini,
banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan internet untuk memasarkan barang
maupun jasa mereka secara maya.
Meski penjualan dengan menggunakan sarana internet memiliki jangkauan yang lebih luas dan kesempatan yang lebih besar, namun tingkat persaingannya juga sangat tinggi.
Untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang dijual secara offline
atau yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, pengaruh media
iklan serta melakukan promosi dengan menggunakan brosur, televisi,
radio, majalah serta koran sangat berperan penting. Sedangkan untuk
mempromosikan suatu produk atau jasa melalui internet, ada banyak cara
yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis diantaranya dengan
mendapatkan peringkat yang cukup tinggi untuk suatu website di search
engine, menggunakan iklan berbayar, serta masih banyak lagi cara yang
lainnya.
Sebelum mempelajari lebih jauh tentang bagaimana
caranya agar suatu website mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di
search engine maka sebelumnya Anda harus memiliki sebuah website
terlebih dahulu. Dalam mempromosikan produk atau jasa Anda dengan
menggunakan sarana internet, keberadaan suatu website mutlak
diperlukan. Website adalah tempat dimana Anda dan calon pembeli
melakukan komunikasi. Seorang pengunjung menjelajahi internet dengan
harapan dapat menemukan solusi atau informasi yang mereka butuhkan.
Tugas website Anda adalah memberikan solusi atau informasi yang
dibutuhkan tersebut. Oleh karena itu semakin lengkap dan relevan
informasi yang disediakan website Anda dengan informasi atau solusi yang
dibutuhkan oleh pengunjung, maka akan semakin baik serta meyakinkan
pengunjung website untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Sebagai contoh, misalkan seseorang membutuhkan
informasi tentang bagaimana caranya melatih seekor anjing di rumah. Apa
yang dipikirkan atau yang akan dilakukan oleh orang tersebut untuk
mendapatkan informasi yang dibutuhkan? Orang tersebut pasti akan mencari
informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan internet. Apabila orang
tersebut menemukan website Anda dan membaca informasi-informasi yang
lengkap serta mendetail di website Anda tentang cara melatih seekor
anjing, maka dapat dipastikan orang tersebut akan mengikuti semua
petunjuk yang Anda berikan termasuk membeli buku tentang tips-tips
melatih seekor anjing yang pada saat itu sedang Anda tawarkan. Anda
tinggal menyediakan link dimana pengunjung website dapat membeli buku
tersebut.
Setelah Anda membuat website atau blog, maka yang
harus Anda lakukan selanjutnya adalah mempromosikan blog Anda tersebut
agar dikunjungi oleh banyak pengunjung yang memang tertarik untuk
melihat bahkan membeli produk-produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ada
banyak metode atau cara yang dapat Anda pergunakan untuk mempromosikan
blog Anda, dan salah satu cara yang sangat efektif serta tidak
memerlukan biaya adalah dengan memanfaatkan search engine. Search engine
merupakan salah satu cara yang paling efektif karena hampir 90% pengguna internet mencari data atau informasi yang sedang dibutuhkan di internet melalui search engine.
Search engine adalah sebuah mesin pencari informasi
yang berbasis web yang dirancang untuk menyediakan data-data di
internet.
Dulu ada ratusan search engine di internet, akan tetapi karena
persaingan yang sangat ketat akhirnya hanya tinggal beberapa search
engine saja yang bertahan :
Berikut adalah data statistik penggunaan search engine pada tahun 2012 mulai pada bulan Januari hingga bulan April :
Pada saat pengunjung melakukan pencarian melalui search engine dengan menggunakan kata kunci tertentu atau yang biasa disebut keyword,
maka search engine akan melakukan pencarian berkas-berkas atau
data-data dari berbagai situs web, baik data yang berupa text, gambar,
video maupun data audio. Search engine kemudian akan memberikan hasil
berupa daftar halaman web yang memiliki informasi atau data yang paling
sesuai dengan yang dicari pengunjung tersebut.
Hasil yang diperoleh pada umumnya akan ditampilkan
dalam bentuk daftar yang diurutkan berdasarkan algoritma dari
masing-masing search engine. Masing-masing search engine memiliki
algoritma yang berbeda-beda dan pada saat ini search engine Google
adalah search engine yang paling banyak atau paling sering dipergunakan
oleh pengguna internet. Daftar hasil pencarian yang dihasilkan search
engine tersebut biasanya dikenal sebagai SERP yaitu Search Engine Result Page yang berarti halaman hasil pencarian search engine.
Apabila website Anda bisa berada di peringkat teratas
atau paling tidak di halaman pertama hasil pencarian Google (pada
umumnya tiap halaman hasil pencarian akan memuat 10 halaman website),
maka website Anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Mengapa? Karena
sebagian besar pengunjung search engine akan mencari informasi atau data
yang dibutuhkan pada halaman pertama saja dan kemudian akan mencoba
mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan menggunakan keyword
yang lainnya. Jarang sekali seseorang mencari informasi atau data yang
dibutuhkan hingga ke halaman kedua, ketiga, dst.
Berikut adalah data statistik kemungkinan pengunjung
search engine membuka halaman pertama, kedua, ketiga, keempat dan
seterusnya :
Jadi, langkah awal yang harus Anda lakukan untuk
mempromosikan produk atau jasa Anda melalui internet adalah membuat
suatu blog/website. Tetapi sebelum Anda membuat suatu blog atau website,
Anda harus terlebih dahulu menentukan topik apa yang hendak Anda bahas
di website atau blog tersebut atau yang lebih spesifik - keyword apa
yang hendak Anda bidik. Pemilihan keyword yang baik adalah langkah awal
yang penting dalam menentukan arah website/blog Anda.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !
Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.