Mengapa Allah Menciptakan Bidadari di Surga ?

Written By teguh creativa on Selasa, 29 Mei 2012 | 22.39

"Sesungguhnya para penghuni surga pada hari itu berada dalam kesibukan; mereka bersenang-senang. Mereka dan para istri berada dalam naungan, yaitu mereka sama-sama bertelekan sofa" (QS. Yasin 55-56)
Ketika bercerita tentang kenikmatan surga, lewat beberapa ayat, termasuk salah satunya ayatnya diatas, Allah mengisahkan tentang keberadaan bidadari. Ya, seorang bidadari! Siapakah Makhluk itu?

Bidadari adalah makhluk surga yang dinyatakan sebagai seorang wanita. Penjelasan fisik tentang makhluk ini begitu mengagumkan. Al-Qur'an memujanya sebagai wanita-wanita suci dan sempurna baik dari segala fisik maupun mentalnya. Mereka adalah *wanita-wanita yang selalu perawan*. Tingkat kepatuhan mereka terhadap suami tinggi. Kecantikan mereka tak akan tertandingi, seberapun cantiknya wanita-wanita bumi tak akan ada yang bisa melebihi kecantikannya. Pendek kata *bidadari adalah makhluk yang begitu mempesona* !!!

Kalau mau merenung sejenak, setidaknya ada dua pendapat yang bisa kita temukan mengapa ketika menjelaskan surga Allah memperindahnya dengan pelukisan bidadari.

Pertama, dengan mengetengahkan bidadari, sepertinya allah ingin merangsang manusia supaya mereka lebih tertarik dengan surga. Dalam kaitannya dengan masalah ini, sepertinya Allah ingin menjadikan "wanita cantik" tersebut sebagai "umpan". Mengapa harus bidadari yang menjadi umpan? Allah, sebagai Dzat yang menciptakan manusia tahu persis bahwa sifat dasar manusia itu senang dan selalu tertarik dengan wanita. Maka sangat tepat jika ketika menggambarkan surga Allah melengkapi penjelasan tentang fasilitas surga dengan keberadaan bidadari. Setidaknya dengan kemunculan bidadari d surga akan menambah daftar kenikmatan yang di tawarkan Allah yang maha Agung. Dan hal ini setidaknya bisa merangsang manusia untuk ingin bisa masuk surga, meski tujuan ingin masuk surga yang di dasari oleh ingin memiliki bidadari masih tergolong sebagai tujuan yang rendah.

Kedua, dengan menggambarkan makhluk bernama bidadari sedemikian rupa, seakan-akan Allah ingin menjelaskan kepada manusia bahwa sosok wanita yang sesungguhnya adalah bidadari ini. Mengapa demikian? Karena bidadari adalah makhluk khusus yang di ciptakan oleh Allah bukan saja sebagai "penghibur" bagi penduduk surga. Bukankah wanita adalah makhluk yang punya daya tarik tersendiri? Bukankah wanita adalah sekuntum bunga yang sanggup menarik perhatian bagi banyak makhluk lawan jenisnya? Nabi sendiri pernah menyebutkan bahwa wanita-lebih  khusus dalam hal ini adalah wanita shalihah-sebagai sebaik-baiknya perhiasan (khairul mata'). Apa itu artinya?

Arti pernyataan Nabi diatas adalah bahwa yan gci sebut sebagai wanita sejati adalah wanita-wanita yang laksana permata, bentuknya indah, punya daya tarik tinggi sekaligus punya kwalitas mewah, tak hanya pada sisi bentuk-nya namun juga pada sisi dalamnya. Dan hal demikian semuanya terdapat dalam diri bidadari. Dan artinya Allah ingin menjadikan bidadari, makhluk tercantik tersebut sebagai simbol wanita sejati. Kalau ingin tahu tentang profil wanita sempurna, maka kenalilah bidadari.
Blog, Updated at: 22.39

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di bawah ini, agar saya bisa berkunjung balik untuk silaturahmi dengan Anda !

Semoga apa yang saya sajikan di blog ini dapat bermanfaat bagi anda pengunjung setia.

Baca dan Tulis. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Isi Blog

SAHABAT BLOGGER